.

27 Agustus 2011

0
Membangun String Query

Do you want to share?

Do you like this story?

Langkah dasar pengolahan database adalah membangun string koneksi, kemudian string query. Umumnya, kebanyakan pemrogram membuat string query dengan fokuskan pada sukses atau tidaknya string query (pernyataan SQL) tersebut. Padahal, ada faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan ketika membangun string query, yakni penggunaan sumber daya komputer.

Memang tidak salah jika perhatian tercurah pada hasil eksekusi karena ini merupakan tujuan utama. Meskipun demikian, akan lebih baik lagi jika kita juga memperhatikan faktor lain, yang notabene menunjang eksekusi aplikasi web. Oleh karena itu, untuk menghasilkan string query, kita harus lebih teliti lagi. Sebagai ilustrasi, perhatikan kode yang kurang baik di bawah ini, dan cari penyebabnya.


/* kode yang kurang baik */
$sql = ‘SELECT * FROM buku’;
While ($row= mysqli_fetch_row ($tres)) { ...........
}


Kode di atas dikatakan baik karena memungkinkan timbulnya beberapa masalah. Pertama, pernyataan SELECT akan mendapatkan semua nilai field (kolom) dari tabel. Apabila anda hanya memerlukan suatu atau beberapa field, pernyataan seperti ini jelas tidak efisien. Bayangkan jika tabel anda tersebut memiliki field dengan tipe BLOB dan ukurannya besar, sangat mubazir jika ikut diproses, tetapi tidak digunakan.

Masalah kedua, fungsi mysqli_fetch_row () langsug dijalankan, tanpa memeriksa nilai kembalian dari variabel $res. Apda saat mysqli_query () gagal dieksekusi, ia akan mengembalikan nilai false (atau NULL). Dengan demikian, pengambilan data sangat mungkin membangkitkan exception. Meskipun dalam kasus ini MySQL (database server) mampu mengembalikan pesan kesalahan, akan tetapi lebih baik lagi jika kita antisipasi terlebih dahulu.

Untuk penulisan string query yang lebih baik, perhatikan contoh berikut:


$sql = ‘SELECT kode, judul FROM buku’ ;
$res = mysqli_query (4conn, $sql) ;
// Periksa return value dari $res
If ($res != null) {
While ($row = mysqli_fetch_row ($res) {
.....
}
}
Mysqli_free_result ($res) ;



Pada kode kali ini, penyataan SELECT hanya melibatkan field yang diperlukan. Meskipun anda ingin menggunakan semua field, disarankan menulis field satu persatu karena cara ini lebih aman. Begitu pula ketika anda ingin mendapatkan baris (row) data, terlebih dahulu periksa nilai kembali variabel $res. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membeaskan kembali memori yang telah digunakan ketika objek sudah tidak diperlukan.



Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Blog Trends di inbox anda:

0 komentar:

Posting Komentar

Kebijakan Berkomentar akan dihapus, jika tidak sesuai dengan apa yang sudah ditulis dibawah ini:

» Menggunakan bahasa yang tidak sopan (Sara, Pornografi, Menyinggung)
» Duplikat komentar
» Komentar menautkan link secara langsung
» Komentar tidak berkaitan dengan artikel
» Judul Komentar Berupa Promosi

 

About Blog Trends

    Trends Blog to write about the myriad waysn and Complete Blog and Making Guide,Blogger Trick, Blogger Tutorial, Blogging Tips, Blogger Hack, SEO, CSS Editor and Free Blogger Templates

Pengikut